30 Okt 2017

Download Silabus OSN Semua Bidang Lomba

Download Silabus OSN Semua Bidang Lomba - Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.


Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.

OSN diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Dalam agenda Kegiatan Nasional Peserta Didik ada 10 kegiatan yang dilombakan dan yang paling favorit jelas adalah OSN. Para jawara dari OSN ini jelas memiliki nilai tersendiri utamanya OSN tingkat SMA sederajat. Karena dengan mengantongi jawara OSN jenjang SMA maka peserta didik sudah mengantongi satu tiket untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Gimana tertarik tidak untuk mengikuti OSN?

Agar dapat mendalami materi yang diujikan dalam bidang Olimpiade Sains Nasional ini, maka peserta didik harus mengetahui silabus tiap-tiap bidang lomba. Ada 9 bidang lomba pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang SMA yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Untuk silabus tiap-tiap bidang mapel OSN jenjang SMA dapat di download pada link tautan di bawah ini: (Baca : Cara download di www.abdinegara.web.id)

Link download:

Download Silabus Semua Bidang
Silabus OSN Matematika

Silabus ini bisa dijadikan acuan untuk belajar materi lomba OSN jenjang SMA. Alangkah baiknya untuk mengikuti OSN jenjang SMA sudah dipersiapkan sejak duduk di bangku SMP. Sehingga ketika memasuki bangku SMA peserta didik sudah benar-benar memiliki persiapan yang matang. Ibarat seorang prajurit yang sudah berlatih bertahun-tahun dan maju ke medan perang, maka dia sudah menjadi prajurit tangguh yang sulit untuk dikalahkan.