24 Des 2017

Latihan Soal USBN 2018 Sejarah SMA Plus Kunci Jawaban

Latihan soal USBN 2018 Sejarah SMA Plus Kunci Jawaban - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan produk menteri pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendi. USBN pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 tepatnya pada tahun 2017. USBN sendiri bersama dengan Ujian Sekolah (US) merupakan penentu kelulusan setelah Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi penentu kelulusan.


Pembuatan soal USBN oleh kemdikbud diserahkan sepenuhnya kepada provinsi, dimana prosentase soal USBN adalah 70 prosen soal dari daerah dan 30 prosen dari provinsi. Lalu siapa yang membuat soal USBN di tingkat provinsi? Jawabannya adalah Guru-guru dari Kab./Kota yang berkumpul untuk bekerja menyusun naskah soal USBN. Soal USBN Sendiri terdiri dari soal pilihan ganda dan essay. Diujikan dalam bentuk ujian kertas pensil.

Latihan soal USBN Sejarah yang kami share merupakan soal USBN asli tahun 2017. Dengan demikian adik-adik dapat berlatih dan memperoleh gambaran sebelum menghadapi USBN tahun ini. Selain itu penting juga untuk mempelajari kisi-kisi USBN. Kisi-kisi USBN tahun ini dapat di download melalui link berikut : Download Kisi-Kisi USBN 2018, SMP, SMA, dan SMK.

Kali ini kami kembali berbagi file gratis tentang latihan soal USBN PAI dalam bentuk file microsoft word yang mana latihan soal USBN ini juga dapat digunakan sebagai bahan materi ulangan oleh guru mapel Sejarah. Untuk mendapatkan file berkas latihan soal USBN Sejarah plus kunci jawaban silahkan klik tautan link download di bagian bawah artikel. Namun sebelumnya alangkah baiknya Anda baca : Cara download di www.abdinegara.web.id agar tidak bingung. Semoga bermanfaat.

Kompetensi Inti Mapel Sejarah Kelas X
1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Ranah Pengetahuan dan Praktek Sejarah Kelas X
3.1 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
3.3 Menganalis  keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
3.4 Menganalisis ilmu  sejarah

4.1 Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam  berbagai bentuk  komunikasi.
4.2 Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam  berbagai bentuk  komunikasi.
4.3 Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai  keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.
4.4 Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.

3.5 Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.
4.5 Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

3.6 Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
4.6 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

3.7 Menganalisis langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah
4.7 Melakukan  penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.

3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern
4.8 Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.

3.9 Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya
4.9 Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.

3.10 Menganalisis keterkaitan kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
4.10 Menarik berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam bentuk tulisan

3.11 Menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial
4.11 Menyajikan hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.