15 Feb 2018

Download Petunjuk Pelaksanaan JUKLAK OSN 2018 Tingkat SMP

Download Juklak OSN 2018 Tingkat SMP - Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang yang sangat dinanti oleh pelajar Indonesia. Pada tahun ini tahun 2018 OSN Tingkat SMP akan digelar pada 1 - 7 Juli di Padang Sumatera Barat. Tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa maupun sekolah jika dapat menjuarai sebuah ajang tahunan tingkat nasional ini.


Adapun jadwal OSN tingkat SMP yang dapat kami rangkum sebagai berikut :

  1. Seleksi tingkat Sekolah : Februari 2018
  2. Seleksi tingkat Kabupaten/Kota : 23 Maret 2018
  3. Penyerahan SK Penetapan Pemenang tingkat Kabupaten/Kota : 29 Maret 2018
  4. Pendaftaran Daring (Registrasi Online) Pemenang Kabupaten/Kota untuk mengikuti seleksi OSN tingkat Provinsi : 29 Maret s.d 11 April 2018
  5. Seleksi tingkat Provinsi : 21 April 2018
  6. Pengumuman Peserta OSN Tingkat Nasional : 31 April 2018
  7. Pendaftaran Daring (Regristation Online) peserta OSN tingkat nasional : 1 Mei s.d 12 Mei 2018
  8. OSN Tingkat Nasional : 1 s.d Juli 2018
Informasi selengkapnya Petunjuk Pelaksanaannya OSN 2018 Tingkat SMP dapat di unduh pada tautan link download di bagian bawah artikel ini.


PETUNJUK PELAKSANAAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2018

Kata Pengantar
Dalam upaya peningkatan mutu sumberdaya manusia Indonesia agar mampu bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan berbagai peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat nyata upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumberdaya manusia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi.

Salah satu implikasi yang melekat pada Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan realisasi dari peraturan-peraturan perundangan tersebut dapat diukur dari Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/Sederajat pada tahun ajaran 2017/2018 mencapai 101,05%. Dengan pencapaian APK di atas, maka orientasi pembinaan pendidikan pada jenjang SMP lebih ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan.

Untuk itu, Direktorat Pembinaan SMP telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi. Kebijakan dan program tersebut, diharapkan dapat menunjang misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik terkait dengan perluasan akses pendidikan, mutu dan daya saing, maupun tata kelola penyelenggaraan pendidikan.

Agar program dan/atau kegiatan tersebut dapat mencapai target yang telah ditetapkan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada, Direktorat Pembinaan SMP menerbitkan berbagai Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing program dan/atau kegiatan, baik yang pengelolaannya dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun yang langsung dikelola oleh sekolah.
Diharapkan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan program di semua tingkatan dapat memahami dan melaksanakan dengan amanah, efektif dan efisien seluruh proses kegiatan mulai dari penyiapan rencana, pelaksanaan, sampai dengan monitoring, evaluasi dan pelaporannya.

Akhirnya, kami mengharapkan agar semua pihak terkait mempelajari dengan seksama dan menjadikannya sebagai pedoman serta acuan dalam pelaksanaan seluruh program atau kegiatan pembangunan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun anggaran 2018.

Latar Belakang
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang dapat berkompetisi pada olimpiade internasional.

Kegiataan OSN dilaksanakan sejak tahun 2003. Pada periode 2003 sampai dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga sejak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang yaitu bidang IPA.

Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan keberhasilan siswa meraih medali pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia.

Dalamrangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN dapat terselenggara secara baik.

Link: